Bidikutama.com – Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris sukses menggelar workshop bertajuk “Gamification In English Language Teaching Using Genially Platform Tools” sebagai kegiatan strategi pengajaran bahasa Inggris. Diikuti sekitar 30 orang dari berbagai kalangan, acara berlokasi di Aula SMAN 6 Kota Serang pada Jumat (13/10). (16/10)
Workshop ini memberikan pemahaman terkait metode games (Gamifikasi) pada platform edukasi, yakni Genially. Website ini digunakan sebagai platform penunjang kebutuhan penelitian artikel jurnal pengabdian dalam program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris.
Adapun acara ini bertujuan memberikan informasi atau mengenalkan bahwa terdapat media pembelajaran menggunakan games interaktif yang bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris.
Kegiatan ini diisi oleh Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Rahman Hakim sebagai Pemateri utama, bersama dengan Putri Intan Oktapiani dan Isyarah Khaerani sebagai pemateri kedua.
Ketua Pelaksana, Putri Intan Oktapiani, menanggapi bahwa rasa antusiasme peserta dan pemateri yang menjadikan kegiatan berjalan dengan sukses.
“Alhamdulillah acara workshop ini berjalan sesuai harapan meskipun mungkin masih terdapat banyak kekurangannya,” ujarnya.
Koordinator Acara, Nabila Mutiara Fajris menanggapi bahwa workshop ini bagus dilaksanakan di era sekarang. Dengan diadakannya workshop ini, seluruh mahasiswa dan juga siswa sekolah pada akhirnya dapat membuka mata mereka akan platform lain untuk pengembangan pengajaran dan pembelajaran, yakni terkait pembelajaran Information and Communication Technology (ICT).
“Workshop ini diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan seluruh mahasiswa maupun siswa dari sekolah untuk mengembangkan kemampuannya terhadap pengajaran maupun pembelajaran ICT,” ujarnya.
Nabila juga berharap acara ini bisa menjadi inspirasi dan membuka diri untuk membuat inovasi pembelajaran melalui Genially.
“Semoga Genially akhirnya bisa dikenal banyak orang dan digunakan sama banyak orang juga memberikan perubahan-perubahan yang lebih maju untuk pembelajaran ICT kedepannya,” ujar Nabila.
Reporter : Bayu/BU
Penulis : Alvina/BU
Editor : Gayatri/BU