Berita Mahasiswa Inspirasi

Mahasiswa Perikanan Sabet Gelar Juara Lomba Nasional KKP

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Sabtu (12/10) lalu, lima mahasiswa Perikanan Untirta dengan nama kelompok ‘Ikan Untirta’ berhasil menyabet Juara 1 dalam Lomba dan Workshop Kewirausahaan Tingkat Nasional yang digelar oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bekerja sama dengan Jurusanku. (16/10)

Kelima mahasiswa angkatan 2016 tersebut ialah Hanif Hendro Wardoyo sebagai ketua tim dengan anggota Risva Vidya Maharnabila, Een Mulyanah Sari, Hanifah Fitriani, dan Irfandi. Mereka berhasil menyisihkan pesaing yang berjumlah 56 kelompok dari berbagai daerah.

Dalam lomba itu, mereka menggagas ide untuk mengatasi berbagai permasalahan di bidang perikanan. Hal tersebut diungkapkan oleh Hanif Hendro Wardoyo selaku ketua tim.

“Menggagas ide untuk menjawab permasalahan perikanan saat ini, solusi yang kami tawarkan, kami membuat produk dari perikanan dengan memanfaatkan hasil samping perikanan yang tidak terpakai dan kami olah (menjadi) produk yang bernilai jual. (Ide) ini muncul, sejalan dengan (konsep) penerapan zerowaste, (yaitu) memanfaatkan potensi perikanan secara maksimal,” jelasnya kepada Tim Bidik Utama.

“Semoga ini menjadi awal yang baik untuk kami terus belajar dan (sebagai) pengembangan diri. Semoga bisa termotivasi, untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Jangan takut untuk memulai sesuatu serta imbangi dengan usaha Insya Allah hasil pasti baik. (Terakhir), jangan sampai potensi perikanan dan laut kita yang begitu banyak tidak dimanfaatkan baik, kita harus jadi mahasiswa perikanan yang unggul,” tutup pria yang akrab disapa Hanif ini.

Nugroho Agung, Ketua Umum (Ketum) Himpunan Mahasiswa Perikanan (Himapi) mengaku bangga atas capaian dari kelima mahasiswa sejurusannya itu.

”Ini merupakan sebuah cetak record prestasi yang sangat baik dan perlu apresiasi yang sebesar-besarnya bagi kawan-kawan yang telah berjuang dalam mencetak nama baik (jurusan) Perikanan Untirta di ranah nasional,” katanya.

Dirinya pun berharap agar mahasiswa Perikanan lainnya dapat termotivasi dan mampu menghasilkan sejumlah prestasi, demi mengharumkan nama baik jurusan.

“Semoga semakin banyak kawan-kawan (jurusan) Perikanan yang lain termotivasi bersaing dan berlomba-lomba dalam peningkatan prestasi dan mengharumkan nama baik (jurusan) Perikanan Untirta, kampus kita sudah kecil, tapi kemampuan kita tidak bisa diremehkan,” imbuh Nugroho dengan penuh ketegasan.

Penulis: Eva/BU
Editor: Thoby/BU

Write A Comment