Berita Mahasiswa

Pembangunan Toilet Baru Gedung A Untirta

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) tengah membangun toilet baru yang berlokasi di lorong perbatasan antara Gedung A dan Sekolah Dasar Islam Tirtayasa. Toilet baru ini khususnya diperuntukan bagi mahasiswa yang beraktifitas di Gedung A, baik untuk laki-laki dan juga perempuan. Nantinya akan tersedia lima bilik toilet perempuan dan tiga bilik serta dua urinoir bagi toilet laki-laki.

Kepala Bagian (Kabag) Umum, Deden Hery Hermawan menjelaskan bahwa pembangunan ini dilakukan karena adanya pengalihfungsian toilet laki-laki yang sebelumnya berada di pintu masuk Gedung A menjadi lobi. Pengalihfungsian juga dilakukan sebagai sarana untuk memperindah tampilan fisik Gedung A.

“Alasannya pertama karena kan toilet yang di Gedung A sekarang dijadikan lobi, gantinya kita bikin toilet di luar. Jadi Gedung A yang pertama itu kan tadinya tampak samping, kita rubah jadi tampak muka. Karena tampak muka ga mungkin begitu masuk ada toilet kan jelek, jadi perhitungannya karena jelek maka toilet yang di sana kita pindah ke sebelah,” ujarnya saat ditemui oleh tim Bidik Utama, Rabu (13/3).

Deden juga menambahkan, tak tersedianya lahan lebih di lantai 1 Gedung A menjadi alasan mengapa toilet terpaksa dibangun di lokasi tersebut.

“Memang lahannya hanya itu yang masih bisa digunakan, karena kalau dipindahkan ke tempat lain pun sudah ngga ada tempat. Lagi pula kejauhan kalau tempat lain, nanti kasihan mahasiswa di Gedung A ga punya toilet. Jadi memang pertama lahannya itu yang ada, dan yang keduanya memang biar deket dengan Gedung A,” jelasnya.

Dengan pembangunan ini jumlah toilet di lantai 1 akan lebih banyak daripada lantai lain di Gedung A, yakni satu toilet laki-laki dan dua toilet perempuan. Berbeda dengan di lantai 2, 3, dan 4 masing-masing hanya memiliki satu toilet laki-laki dan satu toilet perempuan.

Deden juga mengimbau semua pihak yang akan menggunakan toilet tersebut untuk sama-sama menjaga kebersihan toilet demi kebaikan bersama. Ia pun berharap kelak toilet dapat digunakan semaksimal mungkin.

“Semoga toilet ini bisa digunakan secara maksimal oleh mahasiswa, dijaga kebersihannya, yah dipergunakan dengan sebaik-baiknya gitu. Kita kan membangun toilet untuk semuanya, ya dijagalah untuk penggunaannya,” harapnya.

Sementara itu, Muhammad Ari selaku Kepala Logistik Pembangunan mengungkapkan bahwa pembangunan toilet telah mencapai 80% dan tengah memasuki tahap finishing. Targetnya toilet akan siap digunakan pada April mendatang.

“Sudah hampir 80 persen hingga sekarang ini, target selesai sekitar bulan April, tinggal finishing. Yang satu tinggal pemasangan toilet aja sama pemasangan urinoir, wastafel, dan lantai itu saja,” bebernya.

Isdal Alzafar, salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Hukum yang kerap beraktivitas di Gedung A berharap berharap kondisi toilet baru akan lebih baik dari toilet yang sudah tersedia saat ini. “Semoga toilet baru bisa lebih baik dan terjaga kebersihannya,” kata mahasiswa angkatan 2018 itu.

Reporter: Fattah/BU
Penulis: Suliana/BU
Editor: Thoby/BU

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.