Berita Mahasiswa

Pengabdian Masyarakat, HMS Bangun Bak Penampungan Air 10.000 Liter

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) melakukan pengabdian masyarakat di Kampung Ciherang, Desa Pasirwaru, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang pada 26 Oktober-10 November 2019. (11/11)

Melalui program Anak Sipil Bangun Desa (ASBES) dengan modal Rp 23 juta, HMS mencoba turun langsung ke masyarakat dalam bentuk pengabdian sekaligus mengimplementasikan Ilmu Ketekniksipilan dengan membangun sejumlah infrastruktur, salah satunya ialah bak penampungan air bervolume 10.000 liter.

Adapun pemilihan lokasi pengabdian ini didasari atas penilaian HMS bahwa daerah tersebut sulit untuk mendapatkan air bersih.

Selain pembangunan infrastruktur, kegiatan belajar-mengajar hingga pembuatan tambak ikan pun turut dilakukan.

Rehan Afif, Ketua Pelaksana (Ketuplak) ASBES mengatakan bahwa selain sektor infrastruktur, sektor pendidikan, sosial, dan ekonomi juga menjadi fokus pengabdian.

“Kita kan mengambil empat poin, (yaitu) pendidikan, sosial, ekonomi, dan infrastruktur. Infrastruktur dengan pembuatan bak penampung, ekonomi dengan pembuatan tambaknya, pendidikan dengan pengajarannya,” pungkasnya.

Secara terpisah, Yusril Hadi Romadhon selaku Ketua Umum (Ketum) HMS berharap apa yang telah diberikan oleh organisasinya dapat membantu masyarakat, baik itu pada bidang ekonomi, sosial, pendidikan, maupun infrastruktur.

“Apa yang sudah kita tinggalkan, misalnya bibit ikan ini bisa dikembangbiakan dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat”, tuturnya.

Respon dari masyarakat setempat juga sangat baik, mereka mengaku bangga dan bersyukur dengan adanya pengabdian ini. Salah satunya seperti yang diutarakan oleh Siti Aisyah.

Alhamdulillah, dengan itu (pengabdian) memberikan kemudahan bagi warga Ciherang dalam air, karena selama ini kami merasa kesulitan, dan alhamdulillah sekarang tidak lagi merasa kesulitan,” ujarnya.

Reporter: Yovi/BU
Penulis: Yovi/BU
Editor: Thoby/BU

Write A Comment