Akademik Berita Mahasiswa

Prodi Ilmu Komunikasi Ajukan Reakreditasi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Program Studi (Prodi) Strata Satu (S1) Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) tengah mengajukan reakreditasi. Reakreditasi ini dicanangkan akan meningkatkan mutu akreditasi sehingga membuat citra dan kualitas jurusan menjadi jauh lebih baik. (7/5)

Saat ini proses reakreditasi sedang dalam tahap pengajuan reakreditasi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), pada akhir Maret lalu Prodi Ilmu Komunikasi telah mengirimkan persyaratan borang untuk proses tersebut.

Namun karena ada masalah di proses transisi program dan isu perubahan model yang menimbulkan kekhawatiran, akhirnya ketua prodi (kaprodi) perguruan tinggi nasional di Indonesia berlomba-lomba mengusulkan reakreditasi. Alhasil, pada akhirnya malah melebihi kuota reakreditasi yang diumumkan pemerintah.

“Pemerintah hanya bisa membiayai sekitar tiga ribuan usulan per tahunnya. Nah, sementara jumlah yang mengusulkan delapan ribuan, entah Prodi Ilmu Komunikasi Untirta ada di urutan berapa,” tegas Rahmi Winangsih selaku Kaprodi Ilmu Komunikasi.

Prodi Ilmu Komunikasi tercatat sudah melakukan pengajuan reakreditasi sebanyak empat kali, setelah sebelumnya mendapatkan nilai akreditasi B. Kabar terbaru, proses reakreditasi hanya menunggu proses asesmen lapangan dari tim asesor BAN-PT.

Saat ditanya kapan asesmen lapangan dilakukan, Rahmi mengaku belum dapat memastikan kapan proses tersebut akan dilaksanakan.

Rahmi juga menambahkan, kriteria Prodi Ilmu Komunikasi meningkatkan akreditasi dilihat dari semua unsur, mulai dari visi misinya harus terlaksana dengan pencapaian kerja, kegiatan kemahasiswaan grade nya harus terus naik signifikan, baik dari tingkat nasional sampai kancah internasional, kemudian juga kontribusi alumni.

Tak hanya itu, kontribusi para mahasiswa berupa penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pengabdian dan penelitian) dan perolehan rata-rata IPK di atas 3.5 juga diperlukan.

“Semoga Allah SWT memberikan kesempatan kepada Prodi Ilmu Komunikasi Untirta menuju akreditasi unggul, kepercayaan masyarakat semakin yakin karena selama ini Prodi Ilmu Komunikasi Untirta grade nya di dua besar dari keseluruhan Prodi yang ada di Untirta dari tahun ke tahun,” harap Rahmi.

“Apabila akreditasi sudah mencapai unggul, harapannya untuk mahasiswa aktif Prodi Ilmu Komunikasi Untirta minimal mempertahankan bahkan kalau bisa meningkatkan kualitas dan mutunya lebih baik lagi,” lanjutnya.

Indra Permana, salah satu mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi mengaku sangat gembira dan antusias terhadap reakreditasi ini.

“Tentu saja sangat senang, semoga rencana tersebut dapat terlaksana segera mungkin. Prodi Ilmu Komunikasi Untirta supaya bisa mendapatkan akreditasi A sebagaimana yang telah kita harapkan dari dulu, mudah-mudahan dalam setiap prosesnya dimudahkan dan kita mendapatkan hasil terbaik dari apa yang kita usahakan,” ujar mahasiswa angkatan 2017 itu.

Reporter : Rai, Tomi/BU
Penulis : Eva/BU
Editor: Thoby/BU

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.