Berita Mahasiswa Inspirasi

Tim CERIC Untirta Juara 3 LKTI Science Unsil 2019

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Tim Civil Engineering Research Innovation Club (CERIC) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) meraih juara 3 pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Science (Siliwangi Civil Engineering Creativity & Expo) 2019 di Universitas Siliwangi (Unsil), Tasikmalaya, Jumat (4/10).

Tim CERIC Untirta ini terdiri atas tiga personil, yakni Fahrus Sabri (Teknik Sipil 2017) selaku ketua tim, Graciella F. (Teknik Sipil 2018), dan Sarrobi Kamal (Teknik Sipil 2017). Adapun judul karya tulis ilmiah yang diusung oleh Tim CERIC Untirta ialah ‘SI DUDUNG (Sistem Drainase Hijau & Unggul) sebagai Solusi Bencana Banjir di Kota Serang’.

Saat diwawancarai oleh Tim Bidik Utama, Fahrus pun menjelaskan secara singkat apa yang melatarbelakangi timnya untuk mengangkat judul tersebut. “Seringnya bencana banjir di Kota Serang yang disebabkan oleh pertumbuhan penduduk dan tata guna lahan yang tidak teratur, terlebih lagi di Kota Serang hanya menerapkan drainase konvensional, sehingga kurang dapat menyerap air limpasan,” jelasnya.

“SI DUDUNG terdiri dari empat bagian, yaitu saluran drainase ekonomis, saluran atau kolam retensi, saluran atau kolam detensi, dan alat penyiram tanaman otomatis,” lanjut Fahrus.

Sebelumnya, dirinya pun tak lupa untuk bersyukur atas raihan timnya itu. Ia juga berharap agar apa yang telah diraih oleh timnya dapat memotivasi teman-teman sejurusan lainnya, serta hasil penelitiannya tersebut dapat dikaji lebih mendalam.

“Yang pasti bersyukur, bangga, dan semoga bisa jadi motivasi juga buat temen-temen mahasiswa (Teknik) Sipil Untirta, serta semoga hasil penelitian ini bisa dikaji lebih lanjut dan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tuturnya.

Secara terpisah, Yusril Hadi Romadhon, Ketua Umum (Ketum) Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) Fakultas Teknik (FT) Untirta mengungkapkan perasaan bangganya atas raihan dari Tim CERIC Untirta.

“Yang jelas bangga, dan juga ingin mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan semua yang sudah berjuang mengharumkan HMS FT Untirta dan juga CERIC, terima kasih sudah menunjukan kepada kita semua bahwasannya HMS (FT Untirta) dan CERIC punya kebanggaan,” katanya.

“Harapannya, baik itu himpunan, CERIC, dan jurusan, kita tingkatkan lagi kerja sama kita, kita tingkatkan lagi kemitraan kita, yang patut ditingkatkan lagi juga prestasi-prestasi kita semua, sehingga ke depannya jurusan, himpunan, (dan) CERIC ini bisa membanggakan Teknik Sipil Untirta, dan memboomingkan Teknik Sipil Untirta memang punya kebanggaan, punya daya juang, punya daya nilai yang tak terhingga,” tutup Yusril.

Untuk diketahui, CERIC Untirta merupakan salah satu Lembaga Semi Otonom (LSO) di bawah naungan HMS FT Untirta yang bergerak di bidang riset dan perlombaan.

Reporter: Yovi/BU
Penulis: Thoby/BU
Editor: Hani/BU

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.