Berita Mahasiswa

Tips Cermat Membagi Waktu Ala Mahasiswa Untirta

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Sulitnya untuk mengatur waktu antara kesibukan akademik dan organisasi, pasti kita semua pernah merasakannnya. Rasanya pasti bingung, bahkan mungkin hingga frustasi dalam mengatur dan mengoptimalkan waktu sebaik mungkin. Nah Sobat Bidik, kita ada sedikit tips nih tentang bagaimana cara mengatur atau mengelola waktu dengan baik, berikut tips-tipsnya:

  1. Tentukan tujuan dan prioritas

Menetukan tujuan agar kamu melakukan semua kegiatan sesuai dengan tujuanmu, kemudian mentukan prioritas, setelah mengetahui tujuan kita bisa membedakan mana yang penting untuk diselesaikan dan sesuai dengan tujuan.

  1. Membuat list atau jadwal

Membuat list dapat membantu kamu dalam melakukan aktifitas agar tidak lupa, seperti list tugas yang harus segera dikumpulkan.

  1. Bedakan antara waktu akademik dan waktu kegiatan non akademik

Bedakan antara waktu akademik dan waktu kegiatan non akademik agar jadwal tidak bertabrakan antara kegiatan satu dengan lain. Jangan lupa juga untuk beristirahat.

  1. Manfaatkan waktu luang

Memanfaatkan waktu senggang bisa mempermudah kamu dalam mengatur waktu, menyelesaikan tugas agar tidak menumpuk, mempermudah dalam melanjutkan kegiatan lain. Contohnya mengerjakan tugas saat tidak ada dosen agar tugas tidak menumpuk.

  1. Jangan menunda

Ini adalah penyakit yang menjamur di mana-mana, suka menunda bisa membuat jadwal atau list yang kamu buat tidak tercapai dan malah berantakan juga semakin menumpuknya tugas-tugas kamu.

Selain itu, salah satu mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), yaitu Ahmad Zakaria dari Ekonomi Syari’ah angkatan 2019 turut memberikan tips-tipsnya juga.

Saat diwawancarai oleh Tim Magang Bidik Utama, Ahmad pun menjelaskan dan memberitahu beberapa tips dalam mengoptimalkan waktu sebaik mungkin. “Kita harus tahu waktu-waktu kesibukan kita di jam berapa, kapan, hari apa, itu semua sudah terstruktur atau terjadwal. Jadi, kalau kita sudah mengetahui semuanya, kita dapat mudah membagi waktu untuk kesibukan-kesibukan yang kita jalani,” jelasnya.

Itu dia tips-tips agar bisa membagi waktu seefisien mungkin. Tentu saja semuanya kembali lagi kepada diri kalian, Sobat Bidik! Mulailah hidup teratur dengan mengaplikasikan tips-tips di atas.

Reporter: Amanda Violla Ashary/MBU
Penulis: Safira Worabaya, Taufik Alfiansyah/MBU
Editor: Thoby/BU

1 Comment

Write A Comment