Berita Mahasiswa

Untirta Akan Lakukan Pemindahan Parkiran Motor

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bidikutama.com – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan melakukan pemindahan lahan parkir khusus sepeda motor. Lahan parkir baru yang akan digunakan terletak di belakang Gedung A dan Gedung D, Kampus A, Untirta. (6/3)

Dengan luas 600 M², lahan parkir baru nantinya dapat menampung sekitar 300 sepeda motor. Mahasiswa juga dapat menggunakan lahan parkir tersebut tanpa dipungut biaya.

Kepala Biro Umum, Kepegawaian, dan Keuangan (BUKK), Deden Hery Hermawan, menjelaskan bahwa pembangunan lahan parkir baru dilakukan karena lahan parkir sebelumnya kurang menampung jumlah sepeda motor yang digunakan mahasiswa. Selain itu, pemindahan lahan parkir bertujuan untuk memperindah tata ruang kampus.

“Mahasiswa kita arahkan ke lahan parkir baru agar tidak sumpek ya, itu suatu alternatif. Kita berpikir di lahan yang sempit ini bagaimana kita menata agar terlihat tidak kumuh. Walaupun sempit tapi indah,” jelasnya.

Menurut Deden, perencanaan pembangunan lahan parkir baru telah disiapkan dari tahun 2018. Namun proses pembangunan baru dapat dilakukan tahun ini karena terkendala pada perencanaan anggaran serta penentuan akses masuk dan keluar yang akan digunakan.

“Rencana pembangunan sudah jauh hari dari tahun kemarin, cuma prosesnya tidak bisa langsung karena butuh perancanaan. Itu kan sebelum diuruk tadinya kolam, kita uruk dan rapihin dulu. Kemudian anggarannya kan tidak bisa langsung dipakai, perencanaan sudah lama cuma pelaksanaannya baru sekarang,” ujarnya saat ditemui tim Bidik Utama di ruangannya.

Untuk mengakses lahan parkir baru, mahasiswa hanya dapat melalui jalan kecil yang berada di antara Gedung A dan Laboratorium Terpadu. Awalnya akses masuk dan keluar direncanakan berada di Terminal Pakupatan, tetapi rencana tersebut tidak dapat direalisasikan karena tidak mendapat persetujuan dari pihak Terminal karena dianggap terlalu berbahaya.

Pihak Untirta juga tengah mempersiapkan tenaga jasa parkir untuk mengatur kendaraan agar dapat terparkir dengan baik. Diperkirakan lahan parkir baru mulai dapat digunakan pada bulan Maret, mengingat saat ini proses pembangunan telah sampai pada tahap finishing.

Menanggapi hal ini, Farhanah Maulida, mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah, mengatakan bahwa lahan parkir baru akan membuat Untirta menjadi lebih rapi.

“Penambahan lahan (parkir) bisa memperbaiki keadaan lingkungan sekitar kampus menjadi rapi, (jadi) lebih baik ditambahkan,” kata mahasiswi angkatan 2017 itu.

Reporter: Elni/BU
Penulis: Suliana/BU

Editor: Thoby/BU

Write A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.